Temuan Kasus Penyakit Monkeypox di AS dan Inggris: Apa itu dan haruskah Kita khawatir?

Kabar dunia dalam berita kali ini akan membahas sebuah berita yang sedang hangat di bicarakan akhir akhir ini.

Berita mancanegara tentang temuan kasus Monkeypox

Simak untuk lebih jelasnya disini.

Monkeypox di AS & Inggris

Kasus tersebut, yang pertama di AS sepanjang tahun ini, mengikuti laporan kasus yang tersebar di Eropa, termasuk tujuh di Inggris dan lainnya di Portugal dan Spanyol.
Cacar monyet termasuk dalam kategori virus yang sama dengan cacar tetapi dianggap kurang parah dan para ahli juga menyoroti bahwa kemungkinan infeksinya rendah.(WHO)
Cacar monyet termasuk dalam kategori virus yang sama dengan cacar tetapi dianggap kurang parah dan para ahli juga menyoroti bahwa kemungkinan infeksinya rendah.(WHO)
Diterbitkan pada 19 Mei 2022 22:57 IST

Kasus cacar monyet yang langka dan berpotensi berbahaya telah dikonfirmasi di AS setelah infeksi dilaporkan di seluruh Eropa.

Pria yang terinfeksi baru-baru ini melakukan perjalanan ke Kanada dan sekarang menerima perawatan di rumah sakit, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Departemen Kesehatan mengatakan kasus itu tidak menimbulkan risiko bagi publik.

Kasus tersebut, yang pertama di AS sepanjang tahun ini, mengikuti laporan kasus yang tersebar di Eropa, termasuk tujuh di Inggris dan lainnya di Portugal dan Spanyol. Pejabat kesehatan di Kanada sedang menyelidiki hingga 13 kasus di Montreal, Radio-Canada melaporkan.

Jadi apa itu monkeypox, dan haruskah kita khawatir?

Apa itu cacar monyet?

Cacar monyet adalah infeksi yang jarang, biasanya ringan, biasanya ditangkap dari hewan liar yang terinfeksi di beberapa bagian Afrika. Ini pertama kali ditemukan pada tahun 1958 pada monyet yang dipelihara untuk penelitian – maka namanya – dengan kasus manusia pertama yang tercatat pada tahun 1970, menurut CDC. Penyakit ini adalah kerabat dari cacar, menyebabkan ruam yang sering dimulai di wajah, menurut situs web NHS Inggris.

Bagaimana Anda bisa menangkapnya?

Cacar monyet dapat ditularkan dari gigitan hewan yang terinfeksi, atau dengan menyentuh darah, cairan tubuh, atau bulunya. Diperkirakan disebarkan oleh hewan pengerat, seperti tikus, tikus, dan tupai. Dimungkinkan juga untuk tertular penyakit dengan memakan daging dari hewan yang terinfeksi yang belum dimasak dengan benar.

Sangat tidak biasa untuk tertular cacar monyet dari manusia, karena tidak mudah menyebar di antara manusia. Tetapi ada kemungkinan untuk menyebarkan penyakit ini melalui menyentuh pakaian, tempat tidur atau handuk yang digunakan oleh seseorang yang mengalami ruam. Penyakit ini juga dapat ditularkan dengan menyentuh kulit yang melepuh atau koreng, atau terlalu dekat dengan batuk dan bersin dari orang yang terinfeksi.


Apa saja gejala cacar monyet?

Jika Anda terinfeksi cacar monyet, biasanya diperlukan waktu antara lima hingga 21 hari untuk gejala pertama muncul. Ini termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, kelenjar bengkak, menggigil dan kelelahan.

Ruam biasanya muncul satu sampai lima hari setelah mengalami gejala ini. Ruam kadang-kadang disalahartikan sebagai cacar air, karena awalnya berupa bintik-bintik menonjol yang berubah menjadi keropeng kecil berisi cairan. Gejala biasanya hilang dalam waktu dua sampai empat minggu dan koreng rontok.

Leave a Comment

Your email address will not be published.