Kremlin Berkata “Negara Barat memicu krisis pangan global dengan sanksi”

Kabar dunia dalam bertia kali ini bersumber dari pandangan pengamat soal negara barat.

Opini tersebut menghasiklan beberapa penilaian.

Untuk lebih jelasnya simak di bawah ini.

Memcu Krisis Pangan Secara Global

LONDON, 23 Mei – Kremlin pada Senin mengatakan bahwa Barat telah memicu krisis pangan global dengan menjatuhkan sanksi terberat dalam sejarah modern terhadap Rusia atas perang di Ukraina.

Perang – dan upaya Barat untuk mengisolasi Rusia sebagai hukuman – telah membuat harga gandum, minyak goreng, pupuk, dan energi melonjak.

Presiden Rusia Vladimir Putin, kata Kremlin, setuju dengan penilaian PBB bahwa dunia menghadapi krisis pangan yang dapat menyebabkan kelaparan.

“Rusia selalu menjadi pengekspor biji-bijian yang cukup andal,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

“Kami bukanlah sumber masalah. Sumber masalah yang menyebabkan kelaparan dunia adalah mereka yang menjatuhkan sanksi terhadap kami, dan sanksi itu sendiri.”

Rusia dan Ukraina bersama-sama menyumbang hampir sepertiga dari pasokan gandum global.

Ukraina juga merupakan pengekspor utama jagung, jelai, minyak bunga matahari dan minyak lobak, sementara Rusia dan Belarusia – yang telah mendukung Moskow dalam perang dan juga berada di bawah sanksi – menyumbang lebih dari 40% ekspor global kalium nutrisi tanaman.

PBB mengatakan 36 negara mengandalkan Rusia dan Ukraina untuk lebih dari setengah impor gandum mereka, termasuk beberapa yang termiskin, di antaranya Lebanon, Suriah, Yaman, Somalia dan Republik Demokratik Kongo.

Kremlin mengatakan Ukraina telah membuat pengiriman komersial menjadi tidak mungkin dengan menambang perairannya.

Ukraina telah kehilangan beberapa pelabuhan terbesarnya – termasuk Kherson dan Mariupol – karena pendudukan Rusia, dan kekhawatiran Rusia mungkin mencoba merebut yang ketiga, Odesa.

Peskov mengatakan Rusia tidak mencegah Ukraina mengekspor gandum ke Polandia dengan kereta api – metode yang jauh lebih lambat – meskipun faktanya Barat mengirim senjata ke arah yang berlawanan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.